Perbedaan Rumah Tipe Cluster Dan Residence

Ada banyak tipe rumah yang bisa anda pilih sesuai kebutuhan ataupun sesuai keinginan sebagai hunian impian. Salah satunya yaitu rumah tipe cluster yang kini banyak dipilih oleh orang-orang, terutama bagi masyarakat ekonomi menengah ke atas.

Rumah tipe cluster ada juga yang namanya rumah tipe residence, kedua tipe rumah ini banyak yang menganggap bahwa memiliki kemiripan. Padahal keduanya punya bentuk tempat dan fasilitas yang berbeda. Salah satu pilihan rumah tipe cluster ataupun residence, bisa Anda temukan di daerah Jakarta Barat tepatnya di Kebon Jeruk.

Beda Rumah Tipe Cluster Dan Residence

Untuk yang penasaran apa saja perbedaan rumah tipe cluster dan residence berikut ini akan dijelaskan.

1. Letak Perumahan Dan Jumlahnya

Perumahan cluster biasanya ada di kawasan perkotaan yang ramai dan memang dibangun di kawasan khusus pemukiman. Sementara untuk rumah tipe residence, lokasinya ada di pinggiran kota. Ini juga yang membuat kedua tipe rumah memiliki harga bangunan yang berbeda.

Secara jumlah bangunan juga memiliki perbedaan yaitu rumah cluster memiliki jumlah yang lebih sedikit dibanding jumlah rumah yang ada di perumahan residence.

2. Konsep Rumah

Yang kedua dari segi konsep rumah Anda akan menemukan perbedaan yakni rumah cluster umumnya berkelompok dalam satu lingkungan dengan bentuk rumah yang serupa. Selain bentuknya yang serupa biasanya desain rumah ini lebih cenderung ke desain modern.

Setiap rumah di area rumah cluster tidak dibatasi oleh pagar, jadi pembatasnya hanya menggunakan tembok beton berukuran pendek. Sementara untuk tipe rumah residence biasanya menggunakan desain sederhana dan minimalis. Untuk tipe dan ukuran rumah tersedia beragam sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

Rumah tipe residence memiliki desain tipe dan ukuran yang sama dan letaknya berdampingan, antara satu rumah dan rumah lain pada beberapa blok.

3. Suasana Perumahan

Meski sama-sama merupakan area komplek perumahan, tapi suasana perumahannya juga cukup berbeda. Rumah tipe cluster tidak menggunakan pagar jadi punya model yang terbuka, namun sekeliling area perumahan di memiliki pagar tembok dan hanya terdapat satu gerbang.

Untuk keamanan rumah tipe cluster diawasi oleh security selama 24 jam dan juga menggunakan tambahan pengawasan lewat CCTV. Orang tidak boleh sembarangan keluar dan masuk area perumahan ini, karena harus melewati pos keamanan.

Bentuk rumah residence karena letaknya di pinggiran kota, tentu saja memiliki lingkungan yang lebih asri dan bebas polusi. Area perumahannya juga terbilang lebih sederhana, dibanding perumahan cluster.

4. Fasilitas Yang Disediakan

Masuk ke bagian rumah di mana keduanya memiliki perbedaan pula. Umumnya rumah tipe cluster memiliki kualitas premium yang dilengkapi dengan sejumlah fasilitas yang lebih canggih. Bahkan fasilitas tersebut sudah terintegrasi dengan smartphone.

Dengan berbagai teknologi canggih yang dihadirkan maka membuat Anda sebagai penghuni rumah lebih nyaman dan bisa mengontrol keamanan rumah selama 24 jam.

Untuk rumah dengan tipe residence memiliki fasilitas umum yang terbilang biasa sama seperti layaknya fasilitas pada sebuah perumahan. Anda tetap masih bisa mendapatkan keamanan lewat adanya pos keamanan biasa, atasnya juga masih terbilang lengkap seperti adanya tempat ibadah hingga taman bermain.

5. Harga Rumah

Yang terakhir Anda bisa melihat perbedaan tidak hanya dari segi fasilitas tapi juga harga rumah. Karena fasilitasnya terbilang premium, maka harga rumah cluster juga bisa dibilang lebih mahal jika dibanding perumahan residence. Apalagi jika melihat lokasi cluster yang berada di area perkotaan, sementara rumah residence di pinggiran kota tentu jelas perbedaan harganya.

Perbedaan harga rumah tipe cluster dan residence juga dipengaruhi oleh bahan baku bangunan yang digunakan. Jadi jika Anda memiliki budget yang terbatas maka bisa memilih rumah tipe residence sementara jika punya budget yang lebih banyak maka bisa memilih rumah tipe cluster. Terlebih bagi yang ingin membeli rumah pertama, maka bisa mempertimbangkan untuk beli rumah tipe cluster ataupun residence.

Baik memilih rumah dengan tipe cluster ataupun residence itu tidak masalah selagi ada memilih rumah dari developer terpercaya. Sehingga bisa mendapatkan rumah dengan kualitas yang layak, sesuai dengan kemampuan dan juga rumah berizin dengan legalitas yang bisa dipertanggungjawabkan. Jika Anda membutuhkan rumah dengan tipe cluster, residence atau  tipe lainnya bisa mencari pada situs properti terdepan di Indonesia yaitu Rumah.com.

Rumah.com menyediakan properti hunian terbaik dengan desain yang modern. Di sini Anda juga bisa menemukan rumah dengan kondisi baru maupun bekas yang bisa disesuaikan dengan budget. Selain itu situs properti ini juga menyediakan berbagai properti untuk dibeli sebagai sarana hunian ataupun sarana investasi. Untuk yang ingin menyewa hunian seperti rumah, apartemen, kontrakan hingga kos-kosan juga bisa mengandalkan situs rumah.com. Dapatkan pula konsultasi seputar properti secara gratis lewat situs properti terbaik satu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *